Ini Dia Cara Bersihkan Cermin Lama Jadi Seperti Baru!

Cara Bersihkan Cermin Lama Jadi Seperti Baru

Penggunaan cermin diduga telah dilakukan sejak zaman purba, dimana masyarakat saat itu bercermin dengan menggunakan refleksi air sungai, danau, atau genangan air. Pada perkembangan berikutnya, masyarakat mulai menggunakan cermin yang diperoleh dari batu obsidian yang bening seperti kaca hasil lelehan lahar gunung berapi yang mendingin secara tiba-tiba. Penduduk Mesopotamia mungkin yang pertama kali memproduksi cermin yang berasal dari tembaga yang digosok hingga halus mengkilat sekitar tahun 6000 SM.

Cermin, pada kehidupan masyarakat modern saat ini, tidak hanya sebagai bagian dari gaya hidup melainkan sebagai bagian dari kepentingan interior di banyak bangunan dan hunian. Fungsi cermin tidak lagi sebagai alat mematut diri, tetapi lebih luas yang menyangkut feng shui, menciptakan efek lebih luas pada ruang, dan aspek estetika lainnya. Dalam beberapa hal, feng shui telah berjasa mendorong masyarakat dalam menggunakan cermin di rumah-rumah mereka yang kemudian menjadikan cermin sebagai elemen rumah tinggal yang “wajib” dihadirkan.

5 Cara Bersihkan Cermin Agar Tampak Baru

Pemilik rumah atau bangunan yang taat azas pada feng shui akan menggunakan cermin untuk menetralisir energi negatif di rumah mereka. Dengan cara ini, diyakini para penghuni rumah akan tenteram dan dijauhi dari segala bencana rumah tangga. Dibutuhkan syarat-syarat tertentu untuk menolak energi negatif dan menghadirkan energi positif di dalam hunian, antara lain pengadaan cermin di setiap tempat dan sudut. Karena hal tersebut maka membutuhkan cermin yang tidak sedikit. Dalam kurun waktu tertentu, cermin-cermin ini akan berkarat karena debu yang melekat erat dan sulit dibersihkan. Nah, artikel kali ini akan mengulas tentang cara membersihkan cermin yang sulit dibersihkan dengan cara mudah hingga seperti baru.

1. Cairan Pemutih Pakaian

Cara Bersihkan Cermin Lama Jadi Seperti Baru

Cairan pemutih pakaian ternyata tidak hanya dapat membersihkan noda pada pakaian yang sulit dibersihkan, tetapi juga dapat merontokkan kotoran pada cermin yang telah berkarat. Natrium hipoklorit sebagai bahan dasar pada cairan ini dapat melunakkan kotoran yang telah mengeras sehingga mudah dibersihkan. Oleskan cairan pemutih pada permukaan cermin, lalu gosok dengan menggunakan lap lunak. Tidak perlu dibilas atau dicampur dengan detergen, sebab pencampuran cairan pemutih dengan detergen akan membentuk gas klorin yang beracun.

2. Face Tonik

Cara Bersihkan Cermin Lama Jadi Seperti Baru

Face tonik atau pembersih wajah adalah bagian kosmetik yang berfungsi membersihkan wajah dari kotoran dan menjaga kelembaban pada kulit. Kotoran debu yang telah mengeras pada cermin mudah dibersihkan dengan kosmetik ini. Oleskan face tonik pada permukaan cermin, lalu lap dan bilas dengan menggunakan air. Lakukan cara yang sama beberapa kali jika kotoran pada cermin telah berkarat.

3. Pasta Gigi

Cara Bersihkan Cermin Lama Jadi Seperti Baru

Pasta gigi ternyata juga dapat  membersihkan kotoran pada cermin. Bahan dasar fluoride pada pasta gigi dalam jumlah banyak dapat mengupas debu yang melekat di cermin. Jangankan debu, bahkan gigi anak pun dapat keropos karena terlalu banyak fluoride. Oleskan pasta gigi pada permukaan cermin lalu gosok merata beberapa saat, kemudian bilas. Lakukan kembali langkah pembersihan jika dirasa kurang.

4. Perasan Lemon

Cara Bersihkan Cermin Lama Jadi Seperti Baru

Jeruk lemon atau jeruk jus dapat digunakan untuk membersihkan noda debu yang mengeras pada cermin. Tingkat keasaman yang tinggi pada jeruk ini dapat melunakkan kotoran debu sehingga mudah dibersihkan. Peras jeruk pada permukaan cermin lalu gosok hingga merata, lakukan kembali cara ini hingga diyakini cermin telah bersih. Bilas lalu lap dengan menggunakan lap kering.

5. Koran Bekas

Cara Bersihkan Cermin Lama Jadi Seperti Baru

Koran bekas ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan debu yang berkarat di cermin. Sifat kertas yang lebih lunak daripada HVS dan berpori renggang ini dapat mengikis sekaligus menghisap kotoran debu yang mengeras pada permukaan cermin. Basahi permukaan cermin dengan menggunakan air lalu gosok agak kuat dengan menggunakan koran bekas yang telah dilumat pada permukaan cermin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *