Melihat Banyaknya Kebutuhan Taman Kota Sebagai Ruang Terbuka Hijau

Banyaknya Kebutuhan Taman Kota

Senang menghabiskan waktu di tempat terbuka? Mayoritas orang memang memilih menghabiskan waktu libur untuk menyegarkan pikiran dengan berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, tapi cobalah berkunjung ke ruang terbuka hijau seperti Taman Kota atau Hutan Kota, Anda bisa menemukan aktifitas fisik yang menyehatkan atau ikut menjalin hubungan dengan antar komunitas, atau bahkan dapat jodoh…

Kebutuhan Taman Kota

Bagi sebagian besar masyarakat yang tinggal di perkotaan biasanya memiliki gaya hidup dinamis. Hal ini bisa terjadi karena umumnya masyarakat perkotaan merupakan kaum urban alias transisi dari wilayah pedesaan dan bekerja di kota. Kebiasaan hidup yang dinamis seperti bekerja 9 to 5, lalu berlanjut dengan lembur, dihadang kemacetan hampir setiap hari kadang membuat tingkat kejenuhan dan ambang stress masyarakat meningkat. Nah, kalau sudah begini umumnya mereka akan beralih menuju beberapa kawasan wisata alam di sekitaran Ibukota, hal ini dilatari sebagai sebab kurangnya ruang terbuka hijau berupa Taman Kota atau Hutan Kota yang bisa menjadi pilihan untuk bersantai tanpa harus menempuh perjalanan jauh. Menurut Badan Pusat Statistik DKI Jakarta tahun 2015 ada sekitar 2166 Taman Kota yang tersebar di seluruh DKI Jakarta.

Sebagai salah satu fasilitas umum, beberapa Taman Kota memang di rancang agar bisa dinikmati semua kalangan termasuk kaum disabilitas. Umumnya Taman Kota menyediakan beberapa fasilitas penunjang yang paling sering ditemui, seperti jogging track, toilet umum, bicycle track, dan sebagainya. Di desain agar nyaman dan ramah disabilitas sebagian besar jogging track atau pedestrian di sekitar Taman dirancang menggunakan paving block.

Paving block, atau concrete block (conblcok), adalah sebuah produk bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen, air, abu batu, dan campuran bahan lainnya yang biasa menjadi alternatif untuk menutup permukaan tanah, bahan ini sangat tepat digunakan pada ruang terbuka hijau karena jenisnya yang dapat membantu menyerap air tanah. Oleh karena itu, keberadaan Taman Kota selain untuk fungsi rekreasi juga untuk lahan resapan air. Penggunaan bahan ini tidak hanya untuk ruangan terbuka atau jalur pejalan kaki, beberapa orang juga mulai menggunakan bahan ini sebagai pengganti aspal untuk wilayah perumahan, rumah pribadi, lahan parkir, dan sebagainya.

Menghadirkan suasana sejuk dan hijau pada hunian pribadi Anda juga bukan hal sulit lagi saat ini, ada banyak kiat atau cara untuk menyiasati ruang atau lahan sempit menjadi ruang terbuka hijau, dengan demikian Anda tidak perlu lagi jauh-jauh mencari tempat untuk merefresh pikiran. Cukup di rumah saja. Saat ini sudah cukup banyak distributor bahan bangunan maupun toko yang jual paving block, bahkan tak jarang dapat dipesan secara online loh. Untuk membelinya Anda bisa langsung ke distributor terdekat di wilayah tempat tinggal Anda, atau mencoba mencari tempat penjual patung, dan aksesoris kelengkapan taman yang biasa ada di kawasan pinggir jalan, beberapa diantaranya juga menyediakan jenis paving block yang beragam dan sekaligus menawarkan jasa pemasangan secara langsung.

Melakukan aktifitas yang kita senangi pada dasarnya merupakan hal yang tentunya dapat menyegarkan pikiran kita dari hiruk pikuk dan kepenatan aktifitas sehari-hari. Jika Anda lebih senang menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan mungkin sekarang waktunya Anda mencoba melakukan aktifitas fisik sederhana yang punya banyak manfaat bagi tubuh dan psikososial Anda. Tubuh sehat, jiwa pun sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *